Pada awalnya untuk memberikan penerangan kepada masyarakat tentang kesehatan dilakukan dalam bentuk sederhana , misalnya melalui pengeras suara , penyuluhan dalam bentuk gambar dan poster atau penyuluhan kelompok atau penyuluhan fis tu fis ( pinjam istilahnya mas Thukul). Cara itu dipandang kurang efektif bila tidak dilakukan pengembangan-pengembangan yang lebih inovatif. Dalam era keterbukaan ini, nampaknya pendayagunaan teknologi informasi dalam sistim kesehatan masyarakat menjadi upaya penting untuk mendekatkan informasi kesehatan kepada masyarakat secara luas dan terbuka. Promosi Kesehatan hadir menjumpai anda lewat Weblog kami.

Promosi Kesehatan merupakan ilmu dan seni untuk membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka SEHAT secara optimal. Kesehatan yang optimal bisa berarti keseimbangan antara kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual dan intelektual.
Promosi Kesehatan juga merupakan proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya.
Proses pemberdayaan tersebut tentunya dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat; Artinya proses pemberdayaan tersebut dilakukan melalui kelompok-kelompok potensial di masyarakat, bahkan semua komponen masyarakat.

Promosi kesehatan mencakup pendidikan kesehatan (health education) yang penekanannya pada perubahan/perbaikan perilaku melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan.

Promosi kesehatan juga mencakup pemasaran sosial (social marketing), yang penekanannya pada pengenalan produk/jasa melalui sosialisasi lewat berbagai media.



Mentari pagi diufuk timur , merebak senyum , menebar kehangatan , menyinari alam.
Saya ingin Promkes hadir bagaikan mentari pagi.

Salam sejahtera ,dan salam sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar