PELAKSANAAN BIAS




Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS ) DT / TT di wilayah Puskesmas Banyuurip tahun 2009 telah dilaksanakan dari tanggal 10 s/d 25 Nopember 2009. BIAS yang merupakan program rutin tahunan dilaksanakan di 19 Sekolah Dasar ( termasuk 1 SDLB ) diwilayah kerja Puskesmas Banyuurip dengan pemberian suntikan DT/TT. Jumlah siswa yang diimunisasi kurang lebih 1367 anak.



BIAS DT/TT dimaksudkan untuk memberikan perlindungan anak terhadap penyakit Difteri dan Tetanus. Penyakit Difteri merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptheriae. Dipfteri merupakan penyakit menular. Penularannya melalui pernafasan , terutama droplet tenggorokan pada saat batuk atau bersin. Ketika Difteri menyerang tenggorokan atau tonsil, gejala awalnya adalah radang tenggorokan, hilang nafsu makan dan demam. Sedangkan Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium tetani. Gejala yang sering ditemukan kekakuan rahang. Gejala lainnya berupa gelisah , gangguan menelan, sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan, menggigil, kejang otot, dan kaku kuduk lengan serta tungkai.

Untuk menyiapkan generasi mendatang yang sehat, anak-anak SD memang sangat perlu dibekali dengan Imunisasi DT /TT. Pemahaman kepada siswa, guru, dan wali siswa tentang pentingnya BIAS ini sangat diperlukan. Sehingga semua pihak bisa menerima program BIAS ini dan diharapkan tidak ada siswa / wali siswa yang menolak.


Sebelum pelaksanaan imunisasi dimulai, lebih dahulu siswa diberi penjelasan, maksud dan tujuan imunisasi. Disamping itu juga disampaikan pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).


Team BIAS tengah istirahat , Lesehan.


Udara yang panas, membuat badan trasa lelah dan lapar setelah melaksanakan BIAS. Ayo serbu ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar